Tuesday 21 April 2015

Harga kelapa sawit yang masih belum sesuai harapan masyarakat Sebekek Pulau Muda

image optimization tips
Grombolan Sawit  yang siap untuk di jual
SEBEKEK, harga kelapa sawit di Desa Sebebek Pulau Muda masih jauh dari harapan masyarakat. sampai saat ini (21/04/15) harga kelapa sawit di Sebekek masih berkisar antara 750,00 sampai 850,00 , tentu harga ini masih jauh dari harapan mengingat akan kebutuhan pokok  yang naik seiring kenaikan BBM oleh pemerintah. disamping itu faktor angkutan yang juga menjadi masalah rendahnya harga sawit di daerah sebekek sampai ke hilir, karena di daerah pulau muda ke  hulu rata-rata harga sawit di diatas 1000,00, tentu hal ini didukung dengan faktor angkutan yang sudah lancar karena pembeli datang berbondong bondong didukung jalan lintas bono yang sudah  mulus.
Nah, tentu masyarakat ingin harga secara merata agar hasil dari sawit ini dapat menutupi kebutuhan sehari- hari yang terus meningkat.
para pembeli ini merupakan agen dari pabrik yang berada di daerah Sorek dan Pekan Baru, tentu setiap agennya memotong harga yang sesuai demi mendapakan keuntungan, sehingga keuntungan para agen yang membeli di daerah sebekek ini lebih besar. Padahal disebekek bersebelahan dengan pabrik sawit yang dulunya milik PT.Indoplation, yang mulai beberapa tahun belakangan ini sudah bersedia menerima sawit dari masyarakat yang langsung di dikoordinir oleh pihak acai grup, akan tetapi hargapun juga belum sesuai harapan, karena  para agen yang tersebar di desa sebekek juga membeli dengan harga yang sama dengan para pembeli di pulau Muda, tentu ini membuat masyarat geram, dengan adanya pabrik bukannya harga semakin tinggi. mungkin hal itu di pengaruhi faktor jasa, karena pemborong dari pabrik sawit mempunyai agen, bisa saja  harga itu yang dimainkan para agen demi mendapatkan keuntungan lebih.
Pemerintah daerah kecamatan Teluk Meranti menginformasikan akan adanya pabrik baru di daerah Daerah Tanjung Baayang- bayang yang saat ini pengerjaan sudah pada tahap pondasi, ini bertanda akan ada revolusi harga yang signifikan bagi masyarakat dan peluang pekerjaan terutama kawasan Teluk Meranti sendiri.
Salah satu warga mengatakan " adanya pabrik yang baru di kawasan Teluk Meranti  semoga dapat memberi harapan masyarakat dengan tingginya harga sawit demi memudahkan masayarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya".(Fathoni)

1 comment: